How to make a successful wiki on EditThis.info

From EditThis.info

Bagaimana cara membuat konten yang menarik?? Dibuat oleh : GPS Tracker | GPS Tracking | Pintu dan Jendela

1. Tulis sesuai dengan apa yang ingin kita tulis

Tanpa kita sadari, terkadang ide tulisan muncul dari dalam diri kita sendiri. Maka jika hal itu terjadi, segera lakukan tindak lanjut dengan segera menulis ide yang baru saja muncul. Jika sobat ingin menulis, segera menulis sebelum ide tulisan itu hilang dan akan susah untuk menemukan ide lagi kalau sudah hilang.

2. Tulis sesuai kemampuan diri sendiri

Setiap orang pasti mempunyai keahliannya sendiri-sendiri. Tidak ada orang yang tidak punya keahlian. Oleh sebab itu, kerahkan semua keahlian dan kemampuan sobat untuk membuat suatu konten artikel yang menarik. Kalau sudah ahli dalam bidang tersebut, pasti kita juga akan menulis dengan mudah dan bisa menghasilkan konten yang bagus.

3. Baca banyak referensi sebelum menulis

Membaca tulisan orang lain, dapat memunculkan ide baru. Terkadang ide tersebut muncul setalah membaca keseluruhan dari informasi yang kita baca. Bacalah banyak referensi dari tulisan orang lain. Sering-sering lah juga melihat-lihat hasil karya orang lain, dan tulis ulang sesuai dengan kalimat dan bahasa sobat sendiri. Tetapi ingat jangan sampai tulisan sobat sama persis dengan tulisan yang sobat baca sebelumnya.

4. Buat tulisan sesuai dengan kenyataan, jangan mengada-ada

Tulisan yang ditulis secara fakta itu sangat penting, maka tulislah konten yang sesuai dengan kenyataan dan apa adanya. Jangan sampai melebih-lebihkan kenyataan yang ada. Selain itu, pengunjung juga tidak merasa ditipu dan dirugikan karena informasi yang ditulis itu sesuai dengan kenyataan. Apabila konten yang ditulis asal-asalan dan tidak benar, maka pengunjung juga akan merasa ditipu dan kemungkinan tidak akan kembali lagi untuk mengunjungi KOMPASIANA sobat.

5. Tulis apa yang diminati para pembaca

Informasi yang dibutuhkan oleh pembaca itulah informasi yang bermanfaat dan harus sobat buat. Selain akan mengundang lebih banyak pembaca karena tulisan ini yang dicari-cari oleh pembaca. Misalnya pembaca suka artikel tutorial, maka tulis artikel tutorial dan lain sebagainya. Sehingga pembaca juga akan merasa senang karena informasi yang mereka cari ada di KOMPASIANA sobat.

6. Tulis konten yang membawa manfaat

Tujuan dibuatnya sebuah konten yaitu agar pembaca tahu apa yang ingin disampaikan penulis, dan memberikan informasi serta memberikan manfaat kepada pembaca. Pembaca jadi tahu setelah membaca konten misalnya. Selain itu pembaca juga tidak sia-sia membuang waktunya, karena yang dia membaca informasi yang bermanfaat untuk dirinya sendiri. Oleh sebab itu, buat artikel yang mengandung informasi bermanfaat.

7. Buat tulisan yang mudah dimengerti pembaca

Ya, ini sangat penting dilakukan, karena informasi yang bermanfaat yaitu informasi yang mudah dimengerti. Pembaca akan merasakan manfaatnya jika tulisan mudah dimengerti oleh para pembaca. Pemilihan kata, tanda baca, inilah yang menjadi kunci dari artikel yang mudah dimengerti. Tulisan yang mudah dimengerti juga akan membuat pembaca jadi tahu apa yang ingin disampaikan oleh penulis.

Personal tools
Other sites